Wahana Antariksa Milik UEA Bergerak Menuju Mars

JAKARTA – Hope Probe lulus menyelesaikan manuver koreksi lintasan pertamanya. Pesawat antariksa antarplanet Uni Emirat Arab yang pertama, Hope, telah melakukan koreksi jalur pasca peluncuran pertamanya, mengarahkan misi menuju Mars untuk kedatangannya di bulan Februari.

JAKARTA – Hope Probe berhasil menyelesaikan manuver koreksi jalan pertamanya. Pesawat antariksa antarplanet Asosiasi Emirat Arab yang pertama, Hope, telah melakukan koreksi jalur pasca peluncuran pertamanya, mengarahkan misi menuju Mars untuk kedatangannya di bulan Februari.

Hope diluncurkan pada 19 Juli, udara pertama dari tiga pesawat sungguh angkasa yang menuju Mars. UEA mengumumkan pada 17 Agustus kalau pesawat luar angkasa telah berhasil menyelesaikan manuver koreksi lintasan pasca peluncuran pertamanya, atau TCM1.

Melansir dari Space, Omran Sharaf, penasihat proyek misi tersebut mengatakan TCM1 adalah tonggak penting, karena itu akan menentukan jalur untuk berlayar ke Mars. Karena hasil ternyata melebihi ekspektasi yang diharapkan. Saat ini mereka sedang berada di target untuk mencapai Mars Orbit Insertion (MOI), dan membutuhkan sedikit penyesuaian pada jalur.

Baca juga: Sejarah Sedikit Mengenai Perkembangan Komputer

Pesawat ruang angkasa itu akan menyelesaikan setengah lusin koreksi lintasan lagi, antara sekarang dan kedatangannya di Mars pada awal Februari 2021. Begitu tiba di Planet Merah, Hope mau mulai bekerja mempelajari atmosfer serta iklim Mars selama satu tahun Mars (hampir dua tahun Bumi).

“Kami suka dengan kinerja penyelidikan Mars Hope hingga saat ini dan sekarang sedang dalam perjalanan untuk mencapai tujuan kami untuk mencapai Satelit Merah dan memulai misi sains kami, ” kata Sarah Al Amiri, ketua Badan Antariksa UEA.

(ahl)

Next Post

Mengintip Indahnya Hutan Tambrauw, Surganya Rumor di Indonesia Timur

Fri Aug 21 , 2020
Hutan lebat yang menyelimuti Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, jadi kediaman aneka jenis burung endemik & migran. Salah satunya di Klabili. Kawasan ini sekarang mulai dijadikan objek wisata alam dan birdwatching atau pengamatan burung.
Mengintip Indahnya Hutan Tambrauw, Surganya Rumor di Indonesia Timur