Vaksinasi Covid-19 Syarat Sekolah Tatap Muka, Jika Orangtua Tolak Anak Divaksin?

SALAH satu syarat agar sekolah tatap muka dapat diselenggarakan ialah semua siswa, guru, & staf sudah divaksinasi Covid-19. Tapi, bagaimana jika orangtua melarang anaknya terima vaksin? Ini tentu menjadi urusan yang cukup dilematis. Mulia sisi si anak ingin sekali belajar langsung pada sekolah, tapi sisi asing sekolah mengharuskan anak memiliki vaksin dulu sedangkan orangtua belum…

SALAH satu syarat agar sekolah tatap muka mampu diselenggarakan adalah semua siswa, guru, dan staf telah divaksinasi Covid-19. Tapi, bagaimana jika orangtua melarang anaknya terima vaksin?

Ini tentu menjadi masalah yang cukup dilematis. Utama sisi si anak ingin sekali belajar langsung pada sekolah, tapi sisi lain sekolah mengharuskan anak mendapat vaksin dulu sedangkan orangtua belum siap anaknya divaksin.

Lantas, solusi konkrit seperti apa yang harus dilakukan pihak sekolah ataupun pemangku kebijakan?

Menurut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban, masalah ini harus dilihat kasus per kasus. Tetapi, secara garis besar menyediakan konseling adalah upaya dengan bisa dilakukan.

“Jadi, lakukan konseling saja dulu ke para orangtua yang tidak mengizinkan anaknya terima vaksin Covid-19. Ditanya kenapa tidak membolehkan anaknya dapat vaksin sekaligus mengedukasi pentingnya vaksinasi di saat kaya ini, ” papar Prof Zubairi Djoerban di Instagram Live, Selasa (24/8/2021).

Konseling atau konseling ini, sambung Prof Sumbang, disediakan oleh tim yang dibentuk pemerintah daerah setempat dibantu juga konselor dengan disediakan sekolah. “Para konselor ini nantinya dipertemukan dengan orangtua yang vokal anaknya tak boleh terima vaksin, ” terangnya.

Baca Juga: PPKM Mendarat Level 3, Pemprov DKI Tak Mau Gegabah Buka Sekolah Tatap Muka

Ini adalah urusan pemahaman dan Prof Beri sangat memahami bahwa hendak sangat butuh waktu dengan tak sebentar untuk mampu mencapai tujuan. Sebab, buat mengubah pemahaman seseorang itu perlu waktu dan kemahiran memberi penjelasan.

“Jadi, ada beberapa bagian masyarakat yang memerlukan penyuluhan tatap muka antara rahasia dengan warga, misalnya konseling dengan 20 orangtua murid. Ini bisa memberi interpretasi yang bisa lebih ditangkap dan diaplikasikan di lapangan, ” paparnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memberikan paparan bahwa sekolah tatap muka bisa dikerjakan jika semua siswa sudah menerima vaksinasi Covid-19. Tersebut tentunya berkaitan dengan menurunkan risiko paparan Covid-19 yang bisa terjadi selama cara pembelajaran maupun saat bani berada di sekitar madrasah.

(hel)

Next Post

Kerap Cemburu Sama Pacar, Atasi dengan 7 Cara Itu

Wed Aug 25 , 2021
APAKAH Anda sering menemukan muncul cemburu berlebihan terhadap pacar. Maka ini saatnya Anda mengoreksi hubungan dan muncul kalian berdua. Seperti dilansir dari Psychcentral, Psikoterapi Kathy Morelli mengatakan, cara utama untuk mengatasi kecemburuan ialah dengan melihat dulu ikatan romantis Anda.