Terdiagnosa Diabetes Usai Sembuh dibanding Covid-19, Ini Kata Tabib

RUPANYA India melaporkan peningkatan peristiwa Diabetes di negaranya di kelompok pasien Covid-19 yang berhasil sembuh. Salah mulia dugaan penyebab ialah penerapan obat steroid yang diberikan saat pengobatan Covid-19.

RUPANYA India melaporkan peningkatan kasus Sakit di negaranya pada grup pasien Covid-19 yang berhasil sembuh. Salah satu telaahan penyebab ialah penggunaan obat steroid yang diberikan era pengobatan Covid-19.

Informasi ini menjadi kekhawatiran banyak orang, terlebih pasien Covid-19 yang mendapat resep sinse obat steroid dalam proses penyembuhan penyakitnya. Tapi, apakah dugaan itu benar?

 

Dokter Spesialis Penyakit Di dalam Konsultan Endokrinologi, Metabolisme, & Diabetes, Dr. dr. Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, menerangkan bahwa itu sesuatu yang silap.

“Penggunaan steroid pada proses penyembuhan anak obat Covid-19 memang meningkatkan kewenangan gula, tapi ketika obat steroid disetop karena Covid-19 sudah sembuh, ya, gulanya normal lagi, ” terangnya dalam webinar kesehatan, Kamis (12/8/2021).

“Jadi, jangan kemudian beranggapan bahwa sakit Covid-19 akan mendirikan seseorang mengalami Diabetes, itu tidak benar, ” tambahnya.

Dokter Rumah yang merupakan Ketua Jakarta Diabetes Meeting 2021 itu pun menerangkan bahwa di kebanyakan kasus pasien Covid-19 itu tidak mengetahui jika dirinya memiliki masalah Sakit atau setidaknya dia memiliki pre-Diabetes.

“Baru ketahuan setelah pemeriksaan penuh saat dirawat di sendi sakit misalnya, ” katanya.

Hal tersebut sesuai dengan tren dengan ada di masyarakat Indonesia bahwa 2 per 3 hingga 3 per 4 orang Indonesia itu ternyata tidak tahu kalau dirinya berisiko Diabetes atau bahkan memiliki masalah Diabetes. Sebab ketidaktahuan tersebut, membuat anggapan orang yang Covid-19 bakal alami Diabetes.

“Padahal, Diabetes sudah tersedia sebelum terinfeksi Covid-19, tapi baru terdeteksi saat si pasien terinfeksi Covid-19, ” ujarnya.

Next Post

4 Potret Cantiknya Natasha Wilona dengan Gaya Makeup Kekinian, Auranya Badai!

Fri Aug 13 , 2021
NATASHA Wilona menjadi salah satu artis dengan kerap tampil dengan makeup kekinian. Riasannya seringkali tampak memesona dan begitu memikat. Anda pun bisa mendaulat gaya makeup Natasha Wilona sebagai inspirasi. Mengutip akun Instagram pribadinya @natashawilona12 dalam Jumat (13/8/2021), berikut keempat potretnya.