Tabib Spesialis Kardiovaskular Beri Trik Pilih Oximeter yang Benar

LUPA satu alat medis dengan wajib dimiliki di masa Pandemi ini adalah oximeter. Apalagi jika salah utama keluarga ada yang terpapar Covid-19, maka alat tersebut harus digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam pembawaan.

SALAH mulia alat medis yang wajib dimiliki di saat Pandemi ini adalah oximeter. Apalagi jika salah satu puak ada yang terpapar Covid-19, maka alat ini kudu digunakan untuk mengukur nilai oksigen dalam darah.

Oximeter sendiri ialah alat relatif kecil yang biasanya dijepitkan pada lengah satu jari tangan untuk mengukur saturasi oksigen pembawaan. Oximeter digunakan untuk membaca happy hypoxia atau menurunnya kadar oksigen yang bisa berujung pada berhentinya denyut jantung pasien Covid-19 dengan kemudian mengakibatkan kematian.

Nah, seiring tingginya seruan akan oximeter ada kewaswasan bahwa hal itu akan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ada saja kekhawatiran alat dengan tersedia di pasaran tak asli atau palsu.  

Wajar sekadar, pasalnya ketika banyak peminatnya ada saja orang yang memalsukan barang tersebut, sebut saja tabung oksigen bahkan surat swab palsu 

Pakar kesehatan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Nusantara (PERKI), Vito A. Damay memberi saran bagi Anda untuk membedakan oximeter asli dan palsu salah satunya dengan memeriksa di jari berbeda dan pada karakter berbeda.

“Di alat saturasi oksigen juga ada pengukur detak jantung, jika detak jantungnya sebanding milik Anda dan 3 orang lain juga pas maka Anda harus pertanyakan (keasliannya), ” kata tempat.

Anda pula bisa memeriksa apakah denyut jantung pada alat bisa berubah ketika anda berkepanjangan santai atau jalan cepat. Normalnya, detak jantung mau meningkat ketika Anda beraktivitas. Semakin cepat Anda tiang makin meningkat detak jantungnya.

Cara berikutnya, pastikan oximeter yang mau Anda beli sudah memiliki izin edar dari Departemen Kesehatan dan belilah cara dari toko terpercaya. Kalaupun Anda membeli secara daring, cermati toko yang menjualnya. Jangan beli dari gardu jualan abal, demikian pesan Vito.

Next Post

Ukuran Ketiga Vaksin Pfizer Tingkatkan Antibodi Melawan Varian Delta

Thu Jul 29 , 2021
PRODUSEN vaksin covid-19 asal Amerika Serikat, Pfizer, diketahui baru saja mengungkapkan petunjuk internal terbaru mereka terpaut manfaat suntikan dosis ke-3 atau booster shot. Masukan tersebut menunjukkan booster shot tersebut bekerja dengan bagus melawan Varian Delta.