Stunting Terbukti Buat IQ Bujang Jadi Rendah Loh

COVID-19 diklaim akan berdampak pada kecendekiaan intelektual (IQ) bayi dengan lahir di masa pandemi. Bukan karena virus Covid-19 yang menyerang ibu hamil, tapi karena tekanan selama di rumah. Para sarjana menganalisis kinerja kognitif sejak 672 anak yang lahir di Rhode Island; sebesar 188 di antaranya jadi di tengah pandemi Covid-19 (setelah Juli 2020); 308 bayi…

COVID-19 diklaim akan berdampak pada kecerdasan sastrawan (IQ) bayi yang lahir di masa pandemi. Tidak karena virus Covid-19 yang menyerang ibu hamil, akan tetapi karena tekanan selama pada rumah.

Para ilmuwan menganalisis kinerja kognitif dari 672 anak dengan lahir di Rhode Island; sebanyak 188 di antaranya lahir di tengah pandemi Covid-19 (setelah Juli 2020); 308 bayi lahir pra pandemi (sebelum Januari 2019); dan 176 bayi yang lain lahir di awal pandemi (antara Januari 2019 hingga Maret 2020).

Setia utama studi sekaligus profesor penelitian pediatrik Brown University Sean Deoni menyatakan anak-anak yang lahir selama pandemi Covid-19 memiliki IQ dengan jauh lebih rendah daripada mereka yang lahir di tahun sebelumnya.

Lupa satu sumber penyebab sebab masalah ini, kata Prof Deoni, adalah kondisi pandemi yang mengharuskan orang-orang melenyapkan begitu banyak waktu di dalam rumah dengan orangtua yang kewalahan selama setahun terakhir. Ini pun bakal meninggalkan bekas yang membatalkan pada kesehatan mental jiwa anak.

Akan tetapi selain pandemi, Kepala Pranata Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan stunting juga terbukti memengaruhi kualitas IQ anak.

“Akibat dari stunting itu salah satunya tidak bisa mencapai optimal dari kemampuan yang nyata baik fisik (tinggi badan) maupun kemampuan intelektual anak, ” paparnya dalam webinar.

Next Post

Cantiknya Lesti Kejora Pakai Suntiang Minang, Netizen: Kayak Boneka

Sun Sep 5 , 2021
RUPANYA Lesti Kejora tampil memukau di kesibukan adat Minang yang digelar pada hari ini, Minggu (5/9/2021). Dalam acara tersebut, ia tampak mewah menggunakan aksesoris berupa suntiang bernuansa emas di kepalanya.