Sinse Ungkap Hoaks Makin Terang di Tengah Lonjakan Urusan Covid-19

INFLUENCER kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda’i membuktikan sangat prihatin dengan banyaknya hoaks terkait covid-19 yang makin marak di pusat masyarakat. Menurut dia, masa ini kondisi Tanah Tirta sedang tidak dalam iklim baik, sebab angka transmisi covid-19 makin tinggi maka membuat krisis kesehatan.

INFLUENCER kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda’i menyatakan sangat prihatin secara banyaknya hoaks terkait covid-19 yang makin marak pada tengah masyarakat. Menurut dia, saat ini kondisi Tanah Air sedang tidak di kondisi baik, sebab angka penularan covid-19 makin tinggi hingga membuat krisis kesehatan.

Berdasarkan bukti yang dihimpun Kementerian Kesehatan tubuh (Kemenkes), per Jumat 16 Juli 2021, Indonesia menyimpan peringkat pertama dengan urusan baru covid-19 terbanyak sedunia, yakni 54 ribu peristiwa dalam sehari. Selain itu, Indonesia juga ada dalam posisi kedua dunia untuk peningkatan kematian terbanyak secara 6. 432 kasus di kurun waktu satu minggu.

Baca selalu: Evaluasi PPKM Darurat, Wamenkes: Keterisian Tempat Tidur RS Berangkat Stabil 

Angka kematian yang terjadi Indonesia berada pada bawah Brasil dengan kasus kematian terbanyak berjumlah 8. 706 selama kurun masa satu minggu. Jika dipandang berdasarkan data, dr Fajri menilai 11, 8 persen kematian covid-19 di dunia berasal dari Indonesia.

“Sangat ironi. Kita tidak sedang baik-baik selalu. Angka kasus meledak, 90 persen akan sembuh, akan tetapi 2, 7 persen wafat. Otomatis jika kasus bertambah, angka kesembuhan akan naik, tapi jumlah yang wafat juga makin banyak membangun? ” ungkap dr Fajri, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram-nya @dr. fajri, Sabtu (17/7/2021).

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Ia juga memperlihatkan diagram data covid-19 bulanan hingga 16 Juli 2021. Grafik tersebut menunjukkan adanya pengembangan yang terus terjadi di setiap hari. Sayangnya, peningkatan kasus covid-19 ini juga dibarengi hoaks yang makin kencang beredar di masyarakat.

Dokter Fajri pula meberitahukan pesan-pesan yang hadir kea kun media sosialnya terkait peredaran hoaks di tengah masyarakat. Ia ngerasa prihatin dengan banyaknya kabar bohong yang membuat pandemi covid-19 makin banyak mematikan korban. Padahal, para tenaga kesehatan sedang berjibaku menolong masyarakat mengatasi wabah aib ini.

Baca juga: Kebutuhan Oksigen Naik 5 Kali Lipat, Wamenkes Ungkap Langkah Antisipasinya 

“Hoax memang semenyeramkan itu. Mau disangkal bagaimanapun juga, covid-19 memang berbahaya. Baik ada 90 persen dengan sembuh, tapi ada dua, 7 persen orang yang meninggal. Kalau hoaks makin menyebar, otomatis akan makin banyak juga orang yang akan meninggal. Jadi, jari penyebar hoaks bisa menjelma pembunuh manusia lainnya, ” tambah dr Fajri.

“Mau enggak percaya corona, mau lelah atau apa pun itu, nyatanya rumah sakit makin sempurna dan kasus meninggal pada rumah atau di bulevar makin banyak juga membangun? Nakes makin berjibaku kelelahan, bahkan meninggal, penyebar hoaks lagi menikmati traffic serta lain-lain, ” tuntasnya.

(han)

Next Post

Cantiknya Chef Renatta Moeloek Hadir Kasual di Masterchef Nusantara Episode 15

Sun Jul 18 , 2021
RENATTA Moeloek, juri MasterChef Indonesia season 8 tampil kasual dalam episode 15, Minggu, 18 Juli 2021. Outfitnya itu terlihat simpel, namun pasti fashionable. Chef Renatta Moeloek memadukan long t-shirt gray, dimasukan ke dalam celana panjang hitam. Makeup look yang dipilihnya natural yang membuatnya terlihat semakin indah Kemudian, rambut panjang indahnya dikuncir kuda.