Seru dan Menyenangkan, Ini Dia Percobaan Sederhana Tentang Bunyi dan Perkataan

Sains akan menyenangkan jika metode pengajarannya tak hanya dengan teori, tetapi juga dengan praktik melalui media yang mengasah kreativitas anak. Eksperimen ataupun percobaan pada sains merupakan kunci utama agar anak lebih mungkin menyerap cara kerja suatu barang.

Sains akan elegan jika metode pengajarannya tidak hanya dengan teori, tetapi juga secara praktik melalui media yang mempertajam kreativitas anak. Eksperimen atau percobaan pada sains merupakan kunci pati agar anak lebih mudah menggunakan cara kerja suatu benda.

3M Science Games, menyilakan anak usia sekolah dasar untuk mengenal lebih dalam science dengan cara yang asik dan menyenangkan. 3M Indonesia memberikan pilihan aktifitas orang tua dan anak buat belajar science dirumah dengan pemeriksaan science sederhana dari DoctoRabbit. Pada percobaan kali ini, anak akan belajar dan memahami tentang jalan penghantar perpindahan bunyi melalui jalan udara.

Selain media udara, bunyi dapat merambat mencuaikan media zat padat dan maujud cair. Ya, melalui 3 jalan itulah kita dapat menangkap sebutan. Zat cair dapat menghasilkan sebutan ketika kedua batu diadu pada dalam air dan melalui maujud padat bunyi pun dapat dihasilkan, misalkan ajarkan pada anak secara menempelkan telinga kiri di tebal telinga tembok, lalu minta orangtua untuk mengetuk tembok. Bunyi ketukan akan terdengar lebih keras di telinga kiri dibanding telinga kanan.

Telepon menjadi media penghantar bunyi dalam percobaan yang benar sederhana ini. Hanya dengan menggunakan 2 buah gelas sebagai gelombang bunyi dirambatkan melalui selang dengan berisi udara ke gelas penyambut. Dengan suara yang tertutup itu maka suara menjadi lebih merebak, walaupun suara yang dikeluarkan cuma bisikan.

Berikut jalan mudah membuat media penghantar tala, telepon, hanya dari bahan-bahan biasa yang ada di rumah.

Bahan:

– 2 buah gelas plastik

– Selang diameter 5 mm

– Masking tape

Cara membuat:

– Lubangi kedua buah gelas dengan memakai solder atau paku yang dipanaskan terlebih dahulu.

– Potong selang sepanjang 1 meter, cerai-berai masukan ke dalam lubang pada kedua buah gelas tersebut. usahakan tidak ada celah antara lubang gelas dan selang dengan memakai maskin tape

– Kedua buah gelas dipegang oleh 2 orang dan direntangkan. Gunakan lengah satu gelas untuk berbicara tatkala orang yang lain meletakkan menduri gelas di telinganya

– Lakukan secara bergantian seperti masa kita menelepon. Tidak perlu berteriak saat berbicara karena akan memekakkan telinga orang yang mendengarkan. Cobalah berbisik, dapatkan suara terdengar dengan jelas? Selamat bereksperimen dengan Jiwa Buah Hati!

  CM

(yao)

Next Post

Gemini, Hidup Tak Seburuk Apa yang Kamu Rasakan

Sun Aug 23 , 2020
GEMINI, yang kamu inginkan hanyalah bersenang-senang, tetapi kewajiban mungkin menghalangi kamu untuk melakukannya. Daripada mengeluh tentang pekerjaan, dekati pekerjaan itu seperti permainan, ini akan membuat waktu berlalu.
Gemini, Hidup Tak Seburuk Apa yang Kamu Rasakan