Perdata Osteoporosis Bikin Penderita Rentan Bersahaja Patah Tulang

OSTEOPOROSIS masih menjadi tantangan besar bagi masyarakat Indonesia. Masih banyak masyarakat yang kurang peduli mau kesehatan tulang, padahal kondisi tersebut dapat menyebabkan risiko yang payah di kemudian hari.

OSTEOPOROSIS masih menjadi tantangan besar bagi masyarakat Indonesia. Sedang banyak masyarakat yang kurang peduli akan kesehatan tulang, padahal keadaan ini dapat menyebabkan risiko yang berat di kemudian hari.

Seksi Hubungan Luar Daerah PB. PEROSI, DR. dr. Rudy Hidayat, SpPD-KR, FINASIM menjelaskan bahwa osteoporosis adalah kondisi di mana kepadatan suatu tulang dalam tubuh menjadi menurun. Alhasil tulang itu akan mengalami kerentanan sehingga bubar dan faktur.

“Kalau tulangnya terbentur maka mampu patah bagi pasien osteoporosis. Penurunan kepadatan ini tidak menimbukan isyarat, tapi kalau sudah patah perdana menyebabkan masalah yang sangat besar, ” terang dr. Rudy pada Talkshow ‘Love Your Bones, Protect Your Future’, Selasa (20/10/2020).

Alhasil dr. Rudy menyarankan masyarakat untuk sebisa barangkali melakukan pencegahan sejak dini sebelum tulang menjadi patah. Sebab kalau pengidap osteoporosis mengalami patah terampil, maka akan memiliki risiko kesakitan yang sangat tinggi.

“Pencegahan harus dilakukan sebelum patah ketimbang melakukan pengobatan sesudah patah. Karena biayanya lebih langka dan memiliki risiko kesakitan dengan parah juga, ” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, dr. Rudy juga menjelaskan tentang bagian tulang pada tubuh pengidap osteoporosis yang sangat rentan terhenti. Terdapat setidaknya tiga tulang dengan harus diwaspadai terlebih saat terkena benturan atau terjatuh.

“Tulang yang paling kala patah akibat osteoporosis adalah tulang belakang. Orangtua mulai pemendekan dan mulai bungkuk ini adalah petunjuk osteoporosis. Tulang panggul rentan terhenti karena jatuh. Yang terakhir ialah pergelangan tangan akibat jatuh serta menahan badan, ” tuntasnya.

 
(Foto:   KlikDokter)

Baca juga: 6 Laba Mengonsumsi Selada yang Perlu Kamu Ketahui

(ahl. -)

Next Post

Tips Mendeteksi Gejala Awal Trigger Finger

Wed Oct 21 , 2020
Pernahkah Anda merasai jari kaku saat sedang mengetik di laptop atau saat menyambut chat via ponsel? Bila bercakap-cakap, coba dicek apakah Anda merasai trigger finger? dr Meirizal Sp, OT (K) Spesialis Orthopaedi & Traumatologi konsultan hand, upperextremity and micro surgery, (extremitas atas, tangan dan mikro) dari RS Siloam Hospitals Groups menjelaskan, penyakit trigger finger yang juga…
Tips Mendeteksi Gejala Awal Trigger Finger