Peneliti Ungkap Kebenaran Teori Einstein Mengenai Matahari

PARA peneliti belum lama telah melakukan pengukuran pergeseran merah gravitasi matahari dengan tingkat presisi yang tinggi. Mereka membenarkan prediksi teori yang dikemukakan Albert Einsten pada 1920. Ketika itu Einstein menulis teorinya tentang pergeseran merah matahari.

PARA peneliti baru-baru ini telah melakukan pengukuran pergeseran merah gravitasi matahari dengan tingkat presisi yang tinggi. Mereka membenarkan prediksi teori yang dikemukakan Albert Einsten pada 1920. Kala itu Einstein menulis teorinya mengenai pergeseran merah matahari.

“Bagi matahari pergeseran abang diprediksi dua per sejuta panjang gelombang. Apakah efek ini benar-benar ada, masih menjadi pertanyaan terkuak. Para astronom saat ini masih terus melakukan penelitian, bagi matahari efeknya sangat sulit dinilai karena efeknya sangat kecil, ” tulis Einstein kala itu, dikutip dibanding IFL Science , Senin (12/10/2020).

Baca juga: Bulan Membayangkan Cahaya Matahari Dijelaskan dalam Alquran dan Sains 

Matahari. (Foto: Shutterstock)

Foton ialah pertikel cahaya yang dapat dipengaruhi oleh medan gravitasi. Jalur foton ini dapat dibengkokkan oleh objek padat dan panjang gelombangnya bisa meregang saat keluar dari sumur gravitasi.

Laporan jurnal Astronomy and Astrophysics menyebutkan panjang gelombang cahaya yang keluar hendak bergeser sedikit ke arah abang. Inilah yang disebut pergeseran abang gravitasi.

Baca juga: Awal Pekan, Cuaca DKI Jakarta Diprediksi Cerah Berawan 

Pengukuran pergeseran merah matahari memerlukan penghampiran yang tepat. Langkah pertama secara melihat spektrum matahari. Sederhananya, itu seperti menggunakan prisma dan melahirkan semua warna yang membentuk cahaya matahari. Pada spektrum itu terdapat garis-garis gelap yang dibuat oleh elemen-elemen di matahari.

Next Post

5 Cara Mengatasi Kelelahan saat PMS

Tue Oct 13 , 2020
Kelelahan merupakan salah utama keluhan umum yang dialami wanita menjelang menstruasi atau pada periode PMS (Pre Menstrual Syndrom). Mengecap lelah bisa jadi menyulitkan Kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan terkadang bisa menjadi sangat ekstrem sehingga dapat mengganggu sekolah atau pekerjaan kantor Anda atau denyut lain yang Anda sukai.
5 Cara Mengatasi Kelelahan saat PMS