Nusantara Disebut Bakal Alami Hiperendemi, Apa Bedanya dengan Epidemi?

BEBERAPA masa lalu Indonesia dikabarkan berpotensi mengalami hiperendemi. Hal ini disebabkan kasus covid-19 yang mulai terkendali di Tanah Air. Meski demikian, era ini masih banyak asosiasi yang bingung dengan istilah hiperendemi dan tidak mampu membedakannya dengan epidemi.

BEBERAPA masa lalu Indonesia dikabarkan berpotensi mengalami hiperendemi. Hal tersebut disebabkan kasus covid-19 yang mulai terkendali di Negara. Meski demikian, saat tersebut masih banyak masyarakat dengan bingung dengan istilah hiperendemi dan tidak bisa membedakannya dengan epidemi.

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan situasi hiperendemi di Indonesia sesungguhnya sudah ada sejak lama. Namun, menurut dia, tersebut adalah waktu yang positif untuk mengedukasi dan meningkatkan literasi kepada publik terpaut hal tersebut.

Baca juga: 5 Sasaran Sehat Khas Vietnam Itu Bisa Tingkatkan Imunitas, Tertib Dicoba 

Pasalnya pada status pandemi covid-19 seperti itu, kesehatan menjadi fokus bergandengan yang penting untuk diketahui dan dicegah potensi masalahnya.

Lebih tinggi Dicky mengatakan salah satu dasarnya adalah memahami rumusan atau istilah hiperendemi. Ia pun coba memberikan penjelasan terkait epidemi dan hiperendemi.

“Pertama epidemi ialah satu istilah yang digunakan secara umum untuk mendeskripsikan atau menggambarkan setiap urusan yang berkembang atau lahir di luar kendali ataupun tak terkendali. Kenapa dikenal masalah? Karena epidemi tersebut tidak hanya berkaitan secara kesehatan, hal di luar kesehatan juga disebut secara epidemi, ” kata Dicky kepada MNC Portal , Sabtu (28/8/2021).

Menyuarakan juga: Hotman Paris Telusuri Obat yang Bikin Deddy Corbuzier Sembuh dari Topan Sitokin 

Ia pun memberikan contoh sederhana dari epidemi. Misalnya epidemi diabetes, atau obesitas di negara lulus, atau epidemi kurang gizi di negara berkembang. Kedudukan tersebut masuk epidemi.

Selain itu, epidemi dalam kaitan kesehatan seringkali didefinisikan sebagai outbreak ataupun wabah penyakit yang berlaku di wilayah luas.

“Misalkan di medan Asean, atau subtropis yang memberikan dampak tak tersendiri pada semua populasi. Perihal epidemi mengartikan bahwa dengan aktif penyakit tersebut menyebar. Kalau pandemi dikaitkan dengan penyebarannya secara transnasional (tidak dibatasi oleh negara) maka seluruh dunia bisa terinfeksi. Inilah yang harus dijadikan dasar pengetahuan, ” lanjutnya.

Next Post

Cantiknya Lesti Kejora Pakai Rok Putih di Acara Tasyakuran, Netizen Pangling!

Sun Aug 29 , 2021
USAI resmi menjadi suami-istri, Lesti Kejora dan Rizky Billar menggelar acara tasyakuran pernikahan dengan nuansa suci yang elegan, pada Minggu, 29 Agustus 2021. Dalam acara ini, Lesti terlihat cantik dalam balutan rok pengantin berwarna putih agenda desainer ternama, Hian Tjen.