Kok Lansia Renta Tak Mampu Dapat Vaksin Covid-19?

LANSIA menjadi sebagai lupa satu prioritas menerima vaksin Covid-19. Hanya saja, tidak semua lansia bisa mendapatkan vaksin Covid-19, tergantung dari iklim dan kesehatan mereka. Bila nekat, bukan tidak barangkali para lansia tersebut bahkan kehilangan nyawanya. Berdasarkan laporan kasus di Norwegia di dalam pertengahan Januari lalu, membicarakan 33 orang berusia 75 tahun ke atas meninggal setelah menerima…

LANSIA menjadi sebagai satu diantara prioritas menerima vaksin Covid-19. Hanya saja, tidak seluruh lansia bisa mendapatkan vaksin Covid-19, tergantung dari perihal dan kesehatan mereka.

Jika nekat, bukan tidak mungkin para lansia tersebut malah kehilangan nyawanya. Berdasarkan laporan kasus di Norwegia pada pertengahan Januari lalu, menyebut 33 orang berusia 75 tahun ke atas meninggal setelah menerima vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNtech merupakan mereka yang renta.

Dokter spesialis keburukan dalam konsultan geriatri lantaran Rumah Sakit Hasan Sadikin, Lazuardhi Dwipa, mengatakan iklim renta atau frailty sendiri sudah menjadi masalah kesehatan yang bisa menganggu kualitas hidup para lansia, makin di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Adapun dampak buruk renta antara lain membuat lansia bergantung pada orang lain dan meningkatkan kerentanan itu pada suatu penyakit sehingga berujung kualitas hidup dengan buruk.

Pada sisi lain, menurut Lazuardhi, berbeda dari vaksin asing semisal pneumonia yang telah lebih awal dan penuh diteliti, vaksin Covid-19 dikeluarkan dalam kondisi gawat kritis. Penelitian pun dilakukan di skala kecil, walau telah memenuhi kriteria validitas studi sehingga sah.

“Belum ada penelitian khusus lansia dengan multikomorbid apalagi renta. Ada laporan pada Norwegia kematian pasien lansia setelah divaksin. Memang jumlahnya tidak signifikan, tetapi sebab ini vaksin baru maka menjadi perhatian. Dan setelah diselidiki pemerintah Norwegia, yang meninggal lansia renta, ” kata dia.

Next Post

5 Potret Cantik Regina Kandou, Sepupu Naysilla Mirdad Bahan Musuh Andin Ikatan Kasmaran

Tue Jun 8 , 2021
Bertambah dari 2. 600 pengikut mendaftar ke online casting sinetron Ikatan Cinta. Setelah seleksi ketat, akhirnya terpilih 3 finalis yang lengah satunya bakal beradu akting dengan Amanda Manopo & Arya Saloka. Dari ketiga finalis yang terpilih, Regina Kandou adalah salah satunya.