Hati-Hati, Stunting Sebabkan Sistem Kalis Anak Jadi Buruk Loh

Satu diantara dampak buruk dari stunting adalah pola imun tubuh menjadi kurang optimal. Stunting biasa dikenali dari panjang badan serta tinggi badan dibandingkan secara usianya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut seorang bujang bisa disebut stunting bila sudah memenuhi 2 daripada standar deviasi di kolong median kurva pertumbuhan anak. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Nurul Ratna…

SALAH kepala dampak buruk dari stunting adalah sistem imun tubuh menjadi kurang optimal. Stunting biasa dikenali dari lama badan dan tinggi pranata dibandingkan dengan usianya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut seorang anak bisa disebut stunting kalau sudah memenuhi 2 daripada standar deviasi di kolong median kurva pertumbuhan budak. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Nurul Ratna Mutu Manikam, Sp. GK, biar membenarkan efek samping dibanding stunting adalah anak mudah sakit.

“Jika bani mengidap stunting, sistem imunnya bisa kurang baik sehingga anak mudah sakit, ” ungkap dr Nurul saat Instagram Live, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, stunting pula dapat memengaruhi kinerja nalar si anak dan itu berdampak ke kualitas kecerdasannya. “Stunting juga menyebabkan kepintaran si anak berada di bawah rata-rata sehingga hasil belajarnya tidak bisa tertinggi, ” sambungnya.

Buruknya lagi, stunting hingga saat ini belum dapat dipastikan pengantara utamanya. Tapi, para mahir kesehatan maupun dokter mengungkapkan bahwa penyebab stunting pada Indonesia itu beragam.

“Mulai dari cacat energi kronik pada pokok hamil, kurangnya pengetahuan pokok, penyakit infeksi berulang pada anak, sanitasi yang invalid, hingga layanan kesehatan yang terbatas, ” papar dr Nurul.

Nah, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan para-para orangtua untuk cegah budak lahir stunting, menurut dr Nurul, adalah konsumsi sasaran bergizi dan seimbang. Konsep makan Isi Piringku yang dirancang Kementerian Kesehatan bisa jadi acuannya.

“Jadi, dalam satu piring itu terdiri dari makanan pokok (⅓ porsi) serta sayur (⅓ porsi), beserta sisanya adalah lauk-pauk & buah-buahan (⅓ porsi). Tetapi untuk balita, porsi lauk perlu ditambahkan lebih penuh, ” sarannya.

(mrt)

Next Post

5 Zodiak yang Suka Buang-Buang Uang, Jangan Ditiru!

Sun Aug 22 , 2021
DASAR ada orang-orang yang terlalu menghemat pengeluaran. Namun ada juga yang terkenal royal. Dan, pihak astrologi kendati telah mengelompokkan hal tersebut. Melansir Pinkvilla, berikut merupakan 5 zodiak yang terkenal boros. Mereka selalu membuang-buang uang dan sering kehabisan anggaran, jangan ditiru ya!