Cek Fakta: Bahan-Bahan Herbal yang Ampuh untuk Cegah Covid-19

BELAKANGAN beredar suruhan berantai melalui Whatsapp yang menyebarkan daftar obat-obatan & bahan-bahan herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. Pesan tersebut juga mencantumkan takaran minum dan pengolahan bahan-bahan herbal tersebut.

BELAKANGAN beredar pesan berantai melalui Whatsapp yang menyebarkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal dengan diklaim dapat mencegah Covid-19. Pesan tersebut juga mencantumkan takaran minum dan pengolahan bahan-bahan herbal tersebut.

Bahan-bahan herbal tersebut, seperti serai, jahe, minyak kayu putih dan gula aren. Lantas, apakah peristiwa ini benar adanya?

Melansir Covid19. go. id, berikut suruhan yang diteruskan dan bersirkulasi luas di WhatsApp:

“Omeperazole 2×1

Azytromycin 500 mg 1×1

Vit C 2x 500mg

Prove D 1×1

Nace 3×1

 

Resep Jamu

5 batang serai

5 Buku jahe 5 cm

dua gelas gocek (gelas besar)

11 tetes minyak kayu putih.

Gula aren ala kadarnya (bagi yg tidak diabetes)

Semua resep direbus sampai mendidih lalu diangkat, kecuali minyak kayu putih diberikan sesudah diangkat.

Jagain kena covid”

Setelah melakukan penelusuran, peristiwa tersebut tidak benar. Melansir dari laman WHO, tenggat saat ini WHO tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mencegah seseorang terjangkit Covid-19.

Begitupun dengan herbal, mematok saat ini penggunaan herbal, seperti jahe belum memiliki bukti ilmiah dapat mencegah Covid-19.

Dengan demikian, pesan berantai meniti Whatsapp yang menunjukkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang dapat mencegah Covid-19 tidak sesuai fakta & masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

(mrt)

Next Post

Cicipi Spaghetti Buatan Tiara Andini, Nassar: Kamu Cocok Oleh sebab itu Istri Aku

Sat May 22 , 2021
Penyanyi cantik Tiara Andini kembali menghibur penggemar dengan membagikan ketika seru di vlog terbarunya. Tiara yang memiliki bertambah dari 1 juta subscriber di YouTube seringkali membuat konten menghibur seperti vlog, main game, interview, serta lainnya.