BPOM: KIPI Vaksin AstraZaneca Relatif Kecil, 1 Berbanding 1 Juta

KEPALA Pranata Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan terkait kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) Vaksin AstraZeneca. Ia mengatakan sejauh tersebut vaksin covid-19 produksi AstraZeneca sudah mulai diberikan pada masyarakat Indonesia.

KEPALA Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan terkait perihal ikutan pasca-imunisasi (KIPI) Vaksin AstraZeneca. Ia mengatakan sekitar ini vaksin covid-19 produksi AstraZeneca sudah mulai diberikan kepada masyarakat Indonesia.

“Tentunya kami memasukkan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan tubuh, dan yang terkait dengan KIPI, tentunya ini yang akan dikoordinasikan dengan Komnas (KIPI), ” kata Penny dalam Rapat Kerja Tip IX DPR RI dengan BPOM dan Kemenkes secara virtual, seperti dikutip sebab siaran kanal YouTube DPR RI, Rabu 14 Juli 2021.

Menyuarakan juga: Daftar 6 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia Beserta Dosis dan Jalan Pemberiannya 

Ia melanjutkan, asalkan KIPI itu dikaitkan secara analisis pengkajian, maka bakal dilakukan pengkajian kembali terhadap produk tersebut.

Vaksin AstraZeneca.

“Apakah perlu untuk menarik sejenis produk vaksin? Saya taksir dengan hasil yang ada sampai dengan saat tersebut (KIPI) Astrazaneca sangat jarang, ” terangnya.

Baca juga: Mungkinkah Dapat Vaksin Covid-19 Merek Berbeda Jika Terpapar Setelah Divaksin?  

Penny melanjutkan, persentase jumlah KIPI Vaksin AstraZaneca hingga kini terhormat kecil, yakni sekira satu berbanding 1 juta. Tatkala manfaatnya untuk melindungi daripada wabah covid-19 lebih penuh.

“Manfaatnya sedang dianggap besar dibandingkan efek dalam penggunaan vaksin lainnya, ” pungkas dia.

(han)

Next Post

Bentuk Centil Bebizy si Biduan Tanjung Priok, Pamer Pantat Mulus

Thu Jul 15 , 2021
BARU-BARU ini benar tengah viral tukang gedung diusir dari tempat kerjanya, lantaran tidak menggunakan kedok secara benar. Meskipun dianggap menyalahi aturan, tapi kesibukan pemecatan tersebut menimbulkan afeksi bagi si tukang gedung.