5 Makanan Penuh Warna Khas Nusantara yang Menarik Dicoba

SEBAGAI negara yang beragam, Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner, mulai makanan pokok, lauk-pauk, jajanan hingga minuman. Hidangan istimewa Nusantara pun memiliki ciri berbeda di setiap daerahnya. Tidak hanya jenisnya, cita rasa, bentuk, dan warnanya juga bermacam-macam.

SEBAGAI negara yang beragam, Nusantara memiliki berbagai jenis kuliner, berangkat makanan pokok, lauk-pauk, jajanan tenggat minuman. Hidangan khas Nusantara pula memiliki ciri berbeda di setiap daerahnya. Tidak hanya jenisnya, ideologi rasa, bentuk, dan warnanya selalu bermacam-macam.

Salah satu yang membuat menarik adalah warna pada makanan. Warna makanan mampu menggugah selera para penikmatnya. Tidak hanya makanan kekinian yang sempurna warna, banyak makanan khas Nusantara yang berwarna-warni.

Baca pula: 5 Makanan untuk Menjaga Imunitas di Tengah Pandemi 

Berikut lima makanan istimewa Indonesia yang memiliki tampilan lengkap warna, sebagaimana telah Okezone memiliki.

1. Cenil

Cenil ialah jajanan tradisional berbahan dasar singkong dan tepung ketan atau kanji yang masih eksis hingga masa ini. Makanan ini biasa dibentuk bulat-bulat, kotak bahkan lonjong. Bertekstur kenyal dan penuh warna, biasanya warna hijau, merah muda dan putih.

Memasaknya cukup mungkin, cukup merebus adonan, campuran tepung, parutan singkong, garam dan cairan panas, saja sampai matang. Cenil disajikan dengan parutan kelapa & ditaburi gula pasir atau disiram dengan gula merah cair.

2. Kalua jeruk

Camilan khas Ciwidey itu dibuat dari kulit jeruk bali yang dicampur dengan gula kawulang pedengan gula merah sehingga menjadi manisan. Rasanya tidak kalah dengan macam manisan lainnya. Makanan ini mempunyai rasa khas yang unik. Tekstur kalua jeruk ini keras diluar dan lembut di dalam, sedangkan rasanya manis.

Baca juga: Masakannya Dilepeh Chef Juna, 4 Peserta MasterChef Harus Masuk Pressure Test 

3. Geplak

Makanan istimewa Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ini terdiri dari kelapa parut dan gula pasir atau gula jawa. Agaknya yang manis menjadikan makanan tersebut cocok sebagai camilan dan teman minum teh. Teksturnya keras namun akan lumer saat sudah dalam mulut.

Lazimnya dikemas dalam besek, kemasan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas membuat geplak betul di gemari oleh masyarakat, jadi sering dijadikan sebagai oleh-oleh para-para wisatawan.

Next Post

Sagitarius, Tak Ada Salahnya Mundur Sejenak dan Jaga Jarak

Sun Oct 25 , 2020
SAGITARIUS, sudah waktunya kamu mulai bekerja lebih cerdas daripada lebih keras. Berhentilah mencoba melawan dunia digital & mulailah membiarkannya bekerja untukmu. Melansir chicagotribune, kamu harus menghitung zaman yang kamu habiskan untuk bervariasi tugas hingga berapa banyak bagian yang kamu ambil setiap hari. Waktu kamu sangat berharga & harus dianggarkan dengan hati-hati.
Sagitarius, Tak Ada Salahnya Mundur Sejenak dan Jaga Jarak